PADANG PARIAMAN (Sumbar) Kuantan Xpress.id – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi personel untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang menggelar Sosialisasi Pendaftaran Kependudukan di Dempo Anailand, Padang Pariaman, Sabtu 18/1/2025.
Kegiatan ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, A.P. M.Si. Dalam sambutannya, Sonny menekankan pentingnya peningkatan kapasitas personel Disdukcapil sebagai ujung tombak dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).
“Jika personel yang melayani masyarakat memiliki kapasitas dan kemampuan yang mumpuni, maka masyarakat akan mendapatkan layanan yang lebih baik,” ujar Sonny. Ia juga memberikan apresiasi atas kinerja dan inovasi yang telah dilakukan Disdukcapil dalam melayani masyarakat.
“Alhamdulillah, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Disdukcapil sangat tinggi. Namun, saya berpesan agar kita tidak lengah dan terus berupaya meningkatkan kapasitas dalam melayani masyarakat,” tambahnya.
Disdukcapil Padang Panjang Berprestasi
Kepala Dinas Dukcapil Sumbar, Drs. Besri Rahmad, menyebutkan bahwa Disdukcapil Padang Panjang merupakan salah satu dinas yang paling banyak meraih prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional.
“Sebagai pelayan masyarakat dalam pengurusan adminduk, kita harus terus meningkatkan kualitas pelayanan. Pelayanan yang responsif, profesional, dan peduli adalah kunci utama dalam membangun kepercayaan masyarakat,” ungkap Besri.
Sementara itu, Kabid Pelayanan Adminduk Disdukcapil Padang Panjang, Rimanita Erizon, M.E, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapan personel Disdukcapil dalam melayani masyarakat.
“Tingginya kebutuhan masyarakat dalam mengurus adminduk menuntut kesiapan personel. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas ini sangat penting untuk menunjang pelayanan yang optimal,” ujar Rima.
Kegiatan ini diharapkan dapat terus mendorong Disdukcapil Padang Panjang untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. (CN)